Monday, November 11, 2013

Resiko

TOM URBAN CEO PIONEER

Beberapa tahun lalu Pioneer sebagai salah satu perusahaan multinasional membeli sebuah perusahaan yang memproduksi terminal hand-held. Karena semua sales-nya menggunakan alat ini, pembelian tersebut akan membuat Pioneer menghemat banyak dan memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya. Selain itu, Pioneer juga memiliki kesempatan luas mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan terminal hand-held. Sang CEO, Tom Urban, telah melakukan kalkulasi matang dan di atas kertas pembelian ini akan menguntungkan secara ekonomi. Bahkan semua staf dan pimpinan Pioneer pun menyambut pembelian ini dengan antusias.
Namun beberapa tahun kemudian, ditemukan teknologi yang membuat terminal hand-held tidak digunakan lagi. Akibatnya, anak perusahaan yang tadinya dianggap bisa menambah keuntungan bagi Pioneer mengalami kerugian besar sehingga keuntungan Pioneer yang dibagikan untuk pemegang saham menjadi banyak berkurang. Hal ini mengguncang mental karyawan dan jajaran pimpinan Pioneer.

Tom Urban memiliki kebiasaan melakukan kunjungna ke berbagai divisi untuk melakukan pertemuan, mendengarkan, kondisi pekerjaan masing-masing divisi, dan bertukar pendapat dengan mereka. Suatu hari dalam sebuah pertemuan. Tom Urban berkata kepada orang-orang kunci Pioneer. “Saya telah melakukan kesalahan dengan membeli perushaan terminal hand-held itu, dan saya minta maaf. Saya juga minta maaf karena pembelian ini berdampak buruk pada keuangan perusahaan dan mengakibatkan banyak kekhawatiran pada anda semua. Saya akan tetap menganggung semua risiko ini. Tapi, sekarang saya sudah lebih pandai. Saya belajar dari kejadian ini. Jadi saya akan berusaha lebih keras untuk mengatasi kondisi ini.”
Salah satu pemimpin yang hadir dalam pertemuan itu menuliskan kisah ini di internet dan ia berkata bahwa sejak saat itu ia memandang Tom secara berbeda. Ia tahu bahwa ia memiliki seorang pemimpin yang tepat dan ia rela melakukan segala sesuatu untuk membantunya memulihkan kondisi Pioneer.

Sebagai pemimpin, anda harus tahu bahwa jika anda menginginkan hasil yang signifikan dan besar, tentu ada risiko yang lebih besar yang harus siap anda tanggung. Saya rasa  semua pemimpin sukses sering kali dihadapkan pada situasi seperti ini. Namun, yang membedakan mereka dengan pemimpin biasa adalah respons mereka dalam menghadapi risiko. Mereka bisa menghadapi kegagalan tanpa kehilangan semangat bertarung. Itu sebabnya mereka tidak gentar jika dihadapkan pada pilihan-pilihan berisiko karena mereka juga sudah siap menghadapi kegagalan dengan berani. Orang yang tidak pernah mengambil keputusan berisiko tidak pernah mendapatkan hasil yang spektakuler. Dan, pemimpin sejati adalah pemimpin yang berani mengambil keputusan besar dengan penuh perhitungan dan siap menghadapi risiko di balik keputusan itu.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Resiko; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store