Tuesday, November 12, 2013

Mengubah

WISDOM OLD LETTER

Suatu hari sorang bijak menulis sebuah surat. Isi surat ini mungkin ditujukan untuk semua orang agar bisa belajar menyikapi kehidupan dengan bijaksana. Demikianlah isi suratnya, “Ketika masih muda, saya ingin mengubah dunia. Lama-kelamaan saya menemukan bahwa sangatlah sulit untuk mengubah dunia. Saya mulai berusaha untuk mengubah negara ini, bahkan untuk mengubah kota saya saja sangat sulit sekali. Karena usia sudah mulai menua, saya berfikir untuk mengubah keluarga saya saja. Namun, ketika kini sudah lanjut usia, saya menyadari bahwa untuk mengubah diri saya sendiri saja sudah merupakan hal yang sangat sulit. Seandainya dari awal saya menyadari bahwa seharusnya saya berusaha mengubah diri sendiri agar efek perubahan itu terasa bagi keluarga saya. Siapa tahu dengan perubahan saya,keluarga saya bisa berubah dan ketika keluarga saya berubah, siapa tahu kota saya akan berubah. Ketika kota saya berubah, siapa tahu Negara saya berubah, dan ketika Negara saya berubah, siapa tahu dunia ini bisa berugah.”

Banyak orang berusaha mengubah orang lain. Ketika gagal melakukannya, ,mereka menjadi kecewa dan putus asa. Pemimpin yang bijakasana menyadari bahwa kita tidak pernah bisa memaksa orang lain untuk berubah mengikuti apa yang kita harapkan. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha mengubah diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari. Dengan perubahan yang kita alami, sebenarnya kita sedang membuka peluang untuk orang lain agar bisa terinspirasi dan mulai merubah diri mereka.

Kadang kala kita lebih suka menyalahkan orang-orang di sekitar kita dan menuntut mereka untuk berubah di sekitar kita dan menuntut mereka untuk berubah. Padahal, kalau kita menjadi seperti mereka, mungkin kita sendiri juga akan mengalami kesulitan untuk berubah. Mentor saya, Anthony Dio Martin, pernah menuliskan dalam bukunya Emotional Quality Manajemen, ‘Anda tidak pernah bisa menghentikan laju ombak, namun anda bisa belajar berselancar di atasnya”. Sejalan dengan filosofi ini, marilah kita memfokuskan energy dan konsentrasi untuk menjadikan diri kita semakin positif dari hari ke hari. Saya percaya, pemimpin yang positif akan memberikan dampak positif pada sekitarnya, dan pada akhirnya secara tidak langsung bisa membawa perubahan untuk lingkungan sekitar mereka.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Mengubah; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

1 comment:

  1. isi suratnya ane suka banget mas.
    ini juga kunjungan ane http://templates-mmn.blogspot.com/

    ReplyDelete

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store