Monday, November 4, 2013

Fokus

 Bagi sebagian orang, menemukan tujuan dalam kepemimpinannya merupakan sesuatu yang sulit. Namun bagi sebagian yang lain tidak. Kesulitan mereka justru menentukan tujuan yang harus diprioritaskan. Masalah ini tidak hanya dihadapi oleh pasra pemimpin, tapi juga oleh banyak orang. Saya pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki banyak mimpi dan cita-cita. Dalam hidupnya yang hanya sekali, ia berusaha memperoleh segala-galanya. Ia ingin sukses, bahkan kalau bisa dalam berbagai bidang yang ada. Namun, di akhir hidupnya, jangankan memperoleh kesuksesan, yang dialaminya justru kegagalan.

Oprah winfrey dalam sebuah shownya pernah berkata, "kamu bisa mencapai segala yang kamu inginkan, hanya saja kamu tidak bisa mencapainya sekaligus". Apakah makna dari kata-kata tersebut? Adalah ada hal-hal yang harus kita prioritaskan dan ada hal-hal yang harus kita buang.
Saya punya seorang teman yang gemar sekali melakukan apapun di kantor, bahkan diluar job description nya, kadang kala porsi pekerjaan orang lain ia ambil, salah satu alasan dia melakukan itu adalah dia kelihatan berkontribusi dan bekerja keras, namun hasilnya ia malah kewalah dan setiap pekerjaanya tidak membuahkan hasil yang maksimal.

Pemimpin yang bijaksana tahu mana yang harus diprioritaskan dan layaj mendapat perhatian lebih dan mana yang harus disingkirkan terlebih dahulu dari daftar. Jadi untuk membantu anda menemukan prioritas cobalah jawab beberapa pertanyaan singkat berikut:
° Diantara semua tujuan yang anda memiliki, menurut anda mana yang paling penting?
° Mengapa anda menganggapnya penting?
° Mengapa anda mengabaikannya, apa dampaknya bagi anda sendiri?
° Jika anda mengabaikannya, apa dampaknya bagi orang lain?
° adakah yang lebih penting dari tujuan itu? Jika ada, apakah itu?
° Apakah dampak kegagalan tujuan ini lebih besar daripada kegagalan tujuan lain?
Bagaimanapun, untuk memperoleh hasil maksimal, anda harus siap mengorbankan hal-hal lain yang akan mengganggu prioritas anda. Seorang pemimpin sejati memiliki keberanian untuk melakukannya.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Fokus; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store