Saturday, November 2, 2013

Keberanian

Tirto Utomo, Aqua Founder


Pernahkah anda medengar nama tirto utomo? Beliau adalah orang dibalik munculnya Aqua, saking hebatnya brand Aqua, sampai sapai semua produk air mineral kemasan kita sebut Aqua, ini membuktikan betapa mendarah dagingnya brand ini dengan masyarakat Indonesia. Namun, meskipun kita mengenal Aqua sebagai pelopor produk air mineral, kemasan pertama di indonesia yang sangat sukses, mungkin beberapa dari anda tidak pernah mengetahui bahwa 5 tahun pertama Aqua bukanlah tahun-tahun yang menyenangkan.

Saat pertama kali Aqua diluncurkan, banyak sekali orang yang menertawakan produk ini. Bangsa Indonesia hidup di tengah negara tropis yang berlimpah air hujan, bahkan untuk minum saja tinggal memasak dari air kran, hampir semua orang mempertanyakan siapakah yang mau membayar mahal untuk sekedar membeli air minum. Namun, sat itu Tirto utomo terus percaya dengan keyakinan dan ketajaman visinya. Di tengah cercaan dan pernyataan yang melemahkan, ia mengarahkan produknya kepada para ekspatriat yang takut diare karena minum air kran yang dimasak, selama 5 tahun pertama Aquo berjalan dengan tertatih tatih, namun semangat dan mental Tirto Utomo memang luar biasa. Memasuki tahun keenam Aqua mulai dilirik dan hingga kini sangat banyak kompetitor yang meniru Aqua dari segi nama, bentuk kemasan, logo dan sebagainya.

Para penemu besar juga mengalami situasi yang sama. Sepertinya, untuk menjadi pemimpin besar kita memang akan selalu diperhadapkan pada situasi yang seolah-olah menantang dan melawan pemikiran. Namun pemimpin sejati akan selalu memiliki mental kuat, Paul Stoltz sang pencetus konsep Adversity Quotient menyebut orang-orang jenis ini dengan istilah "Climber", yaitu para pendaki yang tidak kenal menyerah, berani menghadapi curamnya gunung, dan terus mendaki meskipun semua orang meremehkan usahanya, sebaliknya mereka yang mudah menyerah dan tidak berani mencoba untuk mendaki hanya karena takut akan kencangnya angin cercaan dan curamnya gunung kesuksesan mendapat predikat "Quitter" atau pecundang.

saya rasa kalau tirto utomo begitu mudah menyerah atau malah tidak berani mewujudkan ide gilanya kita tidak akan pernah mendengar nama Aqua yang begitu melekat di kehidupan kita. Keberanian untuk mengambil resiko tentunya diikuti dengan perhitungan yang matang, kemampuan membaca visi kedepan, serta keyakinan yang teguh dengan visi yang dijalani adalah karakter khas yang dimiliki semua pemimpin besar. Apakah Anda juga memilikinya?
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Keberanian; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store