Friday, November 8, 2013

Berubah

CHANGING YOURSELF FIRST

Suatu hari seorang manajer perusahaan mengeluh kepada konsultan SDM yang disewa di perusahaannya. Ia bercerita mengenai bawahannya yang sering sekali terlambat datang ke kantor. Masalahnya, tidak hanya satu orang bawahan yang sering terlambat, tetapi dari tujuh bawahannya, ada empat orang yang bermasalah dengan keterlambatan. Manajer ini sudah berusaha menegur bawahannya, namun mereka tidak banyak berubah. Para bawahan itu memakai aturan batas terlambat 3 kali sebulan sebagai siasat agar tidak mendapat SP.

Sang konsultan SDM berusaha menyelidiki mengapa keempat bawahan itu sering datang terlambat. Ternyata, hasil penyelidikannya sungguh ironis. Keempat bawahan itu datang terlambat terinspirasi oleh atasan mereka yang sering mepet datang ke kantor. Meskipun tidak pernah terlambat, manajer yang menjadi atasan mereka sering datang dengan tergesa-gesa karena 1-2 menit lagi jam kantor sudah dimulai. Melihat atasannya, mereka berfikir bahwa masalah keterlambatan bukanlah hal yang terlalu serius sehingga lama-kelamaan mereka mengikuti gaya sang manajer dan bahkan mulai terbiasa untuk datang terlambat.

Akhirnya, sang konsultan SDM memberikan nasihat kepada manaajer yang mengeluh itu agar ia juga memperbaiki disiplin kerja. Bagaimanapun, standar pemimpin selalu berada di atas standar bawahannya. Jika pemimpin menurunkan standarnya, secara otomatis bawahannya akan berada di standar yang lebih turun lagi. Kadang kala kita sering complain mengenai perilaku bawahan dan anggota tim kita, padahal sebenarnya justru kitalah yang harus berubah terlebih dahulu.
Menemukan kesalahan orang lain memang jauh lebih mudah daripada menemukan kesalahan diri sendiri. Namun, daripada sibuk berusaha mengubah orang lain, lebih baik kita mulai mengubah diri sendiri lebih dulu, siapa tahu orang lain justru terinspirasi karena perubahan kita.


Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Berubah; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Template oleh Blog SEO Ricky - Support eva fashion store